Sabtu, 14 Mei 2011 0 komentar

8 Mata Air Kecemerlangan

8 Mata Air Kecemerlangan merupakan judul buku yang ditulis oleh seorang pemikir muda yang bernama Anis Matta. Melalui buku ini dia menuangkan segenap pikiran yang berkecamuk didalam pikirannya.

Dalam buku ini dijelaskan tentang model manusia muslim yang diinginkan Islam. Menurutnya model manusia adalah bangunan yang utuh. Bangunan ini memuat visi, misi, jalan hidup dan nilai-nilai yang seharusnya membentuk paradigma, mentalitas, dan karakter seseorang yang meyakini kebenarannya.

Banyak sekali diantara kita yang masih bingun ingin menjadi apa. Nah, dengan memahami buku ini dengan baik maka akan meluruskan paradigma
kita yang selama ini kita yakini. Juga menurut beliau, bahwa seorang muslim tidak bertanya tentang yang ia inginkan bagi dirinya tau hidupnya. Namun, seorang muslim akan bertanya tentang apa yang diinginkan Allah SWT inginkan bagi dirinya.

Seorang muslim tidak bertanya, "Saya ingin menjadi apa ?" namun seorang muslim bertanya , "Allah menginginkan saya menjadi apa ?"

Bila pemahaman yang benar dan kuat tentang model manusia muslim adalah titik tolak dimana kita memulai sekaligus titik akhir dimana kita menuju, maka 8 Mata Air Kemerlangan adalah tangga-tangga keseluruhan perjalanannya.

Kata Anis Matta "Jika kita mau membangun kembali manusia-manusia muslim yang cemerlang yang menjadi salah satu pusat pesona Islam, maka kita harus mempertemukan kembali manusia-manusia muslim itu dengan mata air kecemerlangan mereka."

Melalui blog ini, saya akan mencoba untuk menuangkan sedikit demi sedikit sehingga memberikan manfaat yang nyata bagi pembaca sekalian.

No Response to "8 Mata Air Kecemerlangan"

Posting Komentar

Jangan hanya membaca, berikan pendapat atau pandangan Anda tentang tulisan yang telah Anda baca diatas.