Senin, 16 Mei 2011 0 komentar

Islam dan Model Manusianya


Islam merupakan ketundukan dan penyerahan diri secara total kepada Sang Pencipta Allah Azza Wa Jalla untuk diatur sesuai dengan kehendak Allah SWT. Allahlah yang menetapkan asal usul manusia, visi dan misi, dan jalan hidup serta nilai-nilai yang membentuk keyakinan dan pola prilaku serta hubungan sosialnya

Model manusia merupakan suatu struktur kepribadian yang utuh. Struktur ini memuat visi, misi, jalan hidup dan nilai-nilai yang seharusnya membentuk paradigma, mentalitas serta karakter seseorang yang menyakini kebenarannya.


Keseluruhan kehendak Allah SWT bagaimana seharusnya seorang manusia muslim menjadi, itulah yang kemudian disebut dengan Model Manusia Muslim. Karena ini adalah kehendak
Allah SWT, maka biasanya selalu bersifat ideal.

Akan tetapi, model kepribadian yang diinginkan Allah SWT ini tidaklah menafikan fakta bahwa setiap manusia mempunyai keunikan individual yang membedakannya dengan manusia yang lain. Fakta itu juga disebut dengan fitrah manusia.

Model manusia muslim berbicara tentang bagaimana seharusnya seorang manusia menjadi, tetapi keunikan undividual berbicara tentang manusia sebagaimana ia adanya. Model manusia muslim berbicara tentang idealitas, sedangkan keunikan individual manusia muslim berbicara tentang ralitas kepribadiannya.

Yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim adalah mempertemukan antara kehendak Allah dengan kehendak dirinya. Antara idealitas model manusia muslim dengan realitas keunikan individunya. Itulah yang biasanya disebut dengan konsep diri.

Kehendak Allah tertuang dalam sebuah desain model yang bersifat ideal, sementara realitas kepribadian kita adalah wadah untuk menyerap kehendak-kehendak Allah tersebut.

====================================================

Tulisan diatas diambil dari buku yang berjudul 8 Mata Air Kecemberlangan Karya M.Anis Matta

No Response to "Islam dan Model Manusianya"

Posting Komentar

Jangan hanya membaca, berikan pendapat atau pandangan Anda tentang tulisan yang telah Anda baca diatas.