Minggu, 22 Mei 2011 0 komentar

Mengoptimalkan Google Untuk Mendapat SERP Yang Relevan


Dari begitu banyak search engine atau mesin pencari yang ada pada saat ini, google merupakan salah satu mesin pencari yang paling diminati oleh masyarakat internet. Walaupun sebenarnya google bukanlah satu-satunya mesin pencari yang ada bahkan yang pertama. Karena banyak mesin-mesin pencari yang hadir lebih dulu bertumbangan dalam kompetisi yang sangat ketat.

Umumnya, orang ketika ingin mencari sesuatu di internet mempunyai kecenderungan untuk menggunakan mesin pencari google. Beberapa alasan orang-orang menggunakan google adalah :

1.      Google dianggap mempunyai kemampuan menyodorkan hasil pencarian yang relevan
2.      Google menyediakan arsip salinan dokumen web yang
memungkinkan para pencari informasi tetap bisa mendapatkan informasi meskipun dokumen aslinya sudah dihapus oleh pemiliknya atau dari tempat penyimpanan dokumen tersebut.

3.      Google bisa mencari teks di file yang berformat .pdf maupun .doc, bukan hanya dokumen yang berformat HTML, saat ini google diperkirakan telah mengindeks lebih dari 3 milyar dokumen yang berarti peluang untuk mendapatkan dokumen yang kita cari lebih besar
5.      Google dianggap memberikan pendekatan yang cerdas dalam mencari informasi di Internet.

Meskipun google mempunyai keunggulan-keunggulan seperti yang telah disebut diatas tapi ternyata belum semua orang mampu mengoptimalkan keunggulan-keunggulan tersebut. Sehingga upaya pencarian informasi di internet menjadi tidak efektif dan seringkali menghadirkan hasil yang sama sekali tidak relevan dengan kata kunci yang di ketikkan di mesin pencari tersebut.

Keluhan, tidak relevannya hasil dengan kata kunci yang diketikkan bisa jadi disebabkan oleh kemampuan mesin pencari yang terbatas tetapi bisa juga disebabkan oleh kemampuan user yang terbatas dalam mengoptimalkan mesin pencari terutama mesin pencari google.

Misalnya, masih ada user yang mengetikkan satu kata kunci ketika ingin mencari informasi yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Cara tersebut sangat berpeluang menghasilkan SERP yang tidak relevan dengan informasi yang ingin kita cari.

Ketika anda mengetikan kata kunci “Blogging” akan menghasilkan SERP yang berbeda dengan ketika anda mengetikkan “Blogging Tips”. Semakin banyak kata kunci yang anda ketikkan maka SERPnya akan semakin menjurus atau akan semakin relevan.

Sehingga supaya browsing yang anda lakukan di internet terutama ketika menggunakan google menjadi lebih efektif ada baiknya anda memahami beberapa karakteristik dari mesin pencari terutama google.

Saya sebagai admin blog ini akan mencoba untuk memberikan tips-tips bagaimana mengoptimalkan mesin pencari terutama google sehingga menghasilkan SERP yang relevan.

Supaya anda mendapatkan pembaharuan informasi dari blog ini silahkan masukkan alamat email anda pada form berlangganan diatas. Maka setiap kami memposting artikel baru secara otomatis akan terkirim ke email anda dan ini tanpa biaya alias gratis.

Terima kasih mudah-mudah bermanfaat.

No Response to "Mengoptimalkan Google Untuk Mendapat SERP Yang Relevan"

Posting Komentar

Jangan hanya membaca, berikan pendapat atau pandangan Anda tentang tulisan yang telah Anda baca diatas.