Selasa, 01 April 2014 0 komentar

Sekolah Kehidupan

Oleh Anis Matta

Ini adalah tulisan saya sekitar lima tahun yang lalu mengenai sekolah alam, semoga bermanfaat.

Sumber Kegembiraan

Mereka benar-benar hidup. Mereka terus berbincang dan bersenda gurau dalam perjalanan pulang ke rumah. Sehari penuh di sekolah seakan tidak melelahkan mereka. Atau mungkin tepatnya lelah tidak menghilangkan gairah mereka. Itu pemandangan sehari-hari dari keempat anak-anak saya dan ketiga temannya yang sama-sama bersekolah di Sekolah Alam.


Sekolah telah menjadi pusat kehidupan mereka saat ini. Mereka benar-benar menikmati pusat kehidupan itu. Bahkan waktu-waktu mereka di rumah pun digunakan untuk membicarakan kehidupan mereka di sekolah. Sekolah bukan lagi beban. Sekolah adalah realitas kehidupan yang mereka jalani dengan penuh penghayatan penuh. Sekolah adalah sumber kegembiraan. Bukan sumber stress yang biasanya membuat mereka kehilangan gairah.

Disini kehidupan dihadirkan dalam sebuah tata ruang dengan lansekap yang ditata sedemikian rupa agar tetap natural dan tampak riil. Dengan menggunakan konsep fun learning, Sekolah Alam telah mengubah sekolah menjadi sebuah miniatur kehidupan yang bukan saja natural dan riil, tapi juga indah dan nyaman. Proses belajar mengajar berubah menjadi aktifitas kehidupan riil yang dihayati dengan penuh kegembiraan. Itu membuat anak-anak menikmati masa-masa awal pertumbuhan dan membangun imaji-imaji positif tentang kehidupan dan bumi yang mereka huni.

Itu pesona pertama yang mengantar saya ke Sekolah Alam!!
Persepsi kita tentang kehidupan, tentang dunia, tentang bumi yang kita huni, yang kelak melandasi sikap-sikap kita dalam menjalani hidup, sesungguhnya terbentuk di masa awal pertumbuhan itu. Seperti apa kita mempersepsi kehidupan, dunia dan bumi yang kita huni pada awal kehidupan kita, seperti itulah kita akan menjalaninya.

Imaji-imaji positif akan melahirkan energi, semangat dan gairah kehidupan. Begitu juga sebaliknya. Maka setiap "luka persepsi" pada masa itu kelak akan mewariskan "luka emosi" dalam kehidupan kita. Dan setiap luka emosi, kelak akan mewariskan "gangguan pengsikapan" dalam keseluruhan kepribadian kita. Itu sebabnya anak-anak yang bahagia dimasa kecil jauh lebih berpeluang untuk berbahagia di masa dewasa dan tuanya kelak.

Saya hanya ingin anak-anak saya menikmati masa-masa awal "perkenalan" mereka dengan kehidupan, dunia dan  bumi yang mereka huni. Mereka tidak dilahirkan untuk memikul obsesi-obsesi saya sebagai orang tua. Mereka tentang faktor-faktor permanen yang membentu kualitas kehidupan mereka, yaitu penerimaan Allah, manfaat sosial dan pertumbuhan berkesinambungan.

Apabila mereka belajar tentang itu semua dengan benar, mereka tumbuh pada pusat kehidupan yang benar dan pasti. Tapi itu saja tidak cukup. Mereka juga membutuhkan beberapa keterampilan dasar yang diperlukan untuk bertahan dan bertumbuh pada semua situasi. Sebagiannya merupakan keterampilan intelektual, sebagainya lagi merupakan keterampilan emosional, sebagiannya lagi merupakan keterampilan fisik.

Sisanya biarlah mereka mempelajarinya sendiri!!

Itulah yang dikembangkan di Sekolah Alam. Membangun kemampuan-kemampuan dasar pada anak yang membuatnya proaktif dan adaptif terhadap perubahan-perubahan lingkungan. Kemampuan logis misalnya. Jika seorang anak mampu berfikir logis, itu mungkin lebih penting ketimbang sekedar mendapatkan angka tinggi dalam pelajaran matematika.

Sebab kemampuan itu yang memberikan kekuatan "mencerna" masalah-masalah hidupnya. Begitu juga latihan Outbound.

Disini mereka melatih keberanian, kesabaran, keuletan, kerjasama tim, kepemimpinan. Latihan ini membangun struktur mentalitas mereka secara kuat yang membuat mereka tahan terhadap goncangan-goncangan hidup.

Eksperimen yang belum selesai

Namun tetap saja perlu dicatat. Sekolah Alam adalah eksperimen yang belum selesai. Usia sekolah masih terlalu muda. Selain itu, jangan mengharap anak-anak kita jadi sempurna di usia 12 tahun ketika ia manamatkan sekolah dasarnya.

Tapi itu memang tabiat dunia pendidikan: "dunia eksperimen tanpa henti". Disanalah proses kreatifnya berlangsung. Karena lingkungan strategis terus berubah, maka eksperimen-eksperimennya perlu dikembangkan terus menerus.

Yang penting adalah apresiasi yang kita berikan terhadap setiap eksperimen baru. Dan buku (Sekolah Impian) yang sekarang hadir dihadapan pembaca ini adalah sebentuk apresiasi terhadap eksperimen yang belum selesai itu. Buku ini merupakan catatan kesan dari semua orang yang terlibat dalam eksperimen tersebut.

Ada pengisiatif awal, pimpinan lembaga, guru dan orang tua murid. Dengan mengangkat berbagai aspek dari proses pembelajaran di Sekolah Alam, buku ini bertujuan mengangkat eksperimen-eksperimen pendidikan Sekolah Alam sebagai sebuah diskurus pendidikan.

Eksperimen-eksperimen itu tidak harus benar. Tapi pahala memulainya telah diraih, sekarang tinggal merebut pahala perbaikan dan penyempurnaannya. Apa yang penting dalam sebuah eksperimen bukan hasilnya. Tapi bibit yang ditanam dalam eksperimen itulah yang kelak akan berbuah. niat baik, kerja keras, obsesi kesempurnaan, kelapangan dada dalam menerima kritik dan kerendahan hati menerima pujian, tidak cepat puas dengan keberhasilan-keberhasilan kecil, serta anggapan yang tidak pernah hilang bahwa semua sukses dalam eksperimen ini semata-mata merupakan rahmat Allah, dan bukan karena kehebatan kita.

Semoga Allah menerima amal-amal kita, memaafkan kelalaian-kelalaian kita, dan menyempurnakan kekurangan-kekurangan kita. Semoga keterlibatan kita dalam dunia pendidikan ini, dalam posisi sebagai apapun, menjadi amal unggulan yang akan mengatar kita meraih ridha Allah dan Syurganya kelak. Amin.

Baca dan dukung kami pada kontes: Kursus SEO dan Internet Marketing Terbaik di Jakarta

No Response to "Sekolah Kehidupan"

Posting Komentar

Jangan hanya membaca, berikan pendapat atau pandangan Anda tentang tulisan yang telah Anda baca diatas.